RIBUAN MASYARAKAT/PELAYAT MENGHADIRI ACARA ADAT SAURMATUA SARIA Lumban Siantar (Op.Ernita boru) Ibunda Tercinta Sairon Sinaga Ketua PPTSB wilayah Sumut I
25 Juni 2024 Dilihat: 1313x

Pelaksanaan Acara Adat Saurmatua  dari Almarhumah SARIA Lumban Siantar (Op.Ernita boru) Ibunda Tercinta Sairon Sinaga Ketua PPTSB wilayah Sumut I - Medan yang dilaksnakan di rumah duka  Desa Gajah, Asahan pada hari Selasa 25 Juni 2024 berlangsung lancar dan hikmad sesuai dengan acara tradisi Adat Batak.

Saria Lumban Siantar (Op.Ernita boru) lahir 18 Desember 1934 dihuta Lottung Samosir meninggal dengan tenang 20 Juni 2024. Tutup Usia 79 tahun 6 bulan (kurang lebih 90 tahun)  yang Semasa dikenal sebagai sesosok yang ramah, baik dalam kesehariannya  rajin ke geraja dan paradat (ikut serta dalam acara-acara adat). Almarhum meninggalkan 4 Anak laki-laki dan 4 anak perempuan,4 Parumaen (menantu perempuan),4 hela (menantu Laki-laki), cucu dan cicit 71 Orang.

Ucapan turut berduka pada papan bunga yang dikirimkan para kerabat keluarga, sahabat, organisasi, istansi sebagai ungkapan belasungkawan terlihat berjejer disepanjang jalan menuju rumah duka kurang lebih satu kilometer. Masyarakat yang hadir/pelayat  pada acara Pemberangkatan dan acara adat saurmatua Op.Ernita boru sangat ramai sekitar ada ribuan pelayat yang hadir. Namun demikian walupun masyarakat dan keluarga  yang melayat begitu ramai tidak satupun dari mereka yang hadir tidak merasa terlayani semua terlayani dengan baik oleh para anak boru/parhobas yang dengan sukarela membantu melayani makan dan minum para masyarakat/pelayat yang hadir.

Pada kesempatan acara adat saurmatua, Ketua PPTSB se- Dunia turut hadir dan memberikan kata-kata penghiburan dan pengurus PPTSB se-Dunia, ikut serta  Wakil Ketua PPTSB wilayah Sumut I, ketua PPTSB wilayah Sumut II, Pengurus PPTSB seluruh Wilayah Sumut, Cabang Sumut I dan II.serta PPTSB sektor Desa gajah turut hadir dan memberikan kata-kata penghiburan.

Setelah Acara Adat saurmatua  selesai terlaksna untuk selanjutnya Almarhumah SARIA Lumban Siantar (Op.Ernita boru) di Kebumikan tempat peristirahatan terakhir Huta Lottung Samosir Rabu 26/6/2024.#humaspptsb_sumut.

Share:
Copyright @2022 - PPTSB SUMUT I