PELANTIKAN KETUA PPTSB CABANG DAIRI PERIODE 2023-2027
10 September 2023 Dilihat: 677x

Minggu,10/9/2023 mulai pukul 09.30 Wib di Gedung Djauli Manik Jl. Sm Raja Sidikalang Drs Henron Sinaga/ Br Siburian dilantik sebagai Ketua PPTSB Cabang Kabupaten Dairi Periode 2023-2027 beserta pengurus lainnya. Acara pelantikan tersebut berlangsung dan

Terpilih secara aklamasi, Drs Henron Sinaga/ Br Siburian sebagai ketua PPTSB Cabang Dairi sesuai dengan hasil  Rapat Musyawarah Daerah MUSDA PPTSB Cabang Dairi yang digelar  pada 15 Agustus 2023 lalu dan pada Minggu,10/9/2023 diadakan acara pelantikan dengan membawa Thema “Sinaga Rukun, Berkat Turun”.

Sebelum acara pelantikan  diawali dengan acara ibadah bersama dengan menghadirkan penkotbah Pdt. Dona Sinaga  yang juga merupakan  pembina kerohanian di PPTSB se Sumatera Utara, dalam kotbahnya beliau menghimbau dan mengajak seluruh pomparan marga Sinaga agar senantiasa hidup rukun damai, karena rukun itu indah, harum dan menyegarkan sehingga mendatangkan berkat bagi orang orang yang rukun dan damai, sehingga dapar bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Setelah acara kebaktian bersama berlangsung acara dilanjutkan dengan agenda utama yakni  Pelantikan Ketua dan Pengurus PPTSB cabang Dairi yang diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya dilanjutkan dengan menyanyikan  lagu Mars Toga Sinaga ciptaan Mangihut Sinaga dikumandangkan secara bersama sama

 

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua Umum PPTSB Pusat Ir Edison Sinaga/ Br Siagian dan juga dihadiri Ketua Dewan Pembina PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH/ Br Napitupulu, Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd/ Br Bakara, Ketua Wilayah PPTSB Sumut I Sairon Sinaga.

 

Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan Ketua Cabang PPTSB Dairi Endron Sinaga mengatakan, sebagai pengurus yang baru dilantik, saya tidak bekerja sendiri. Untuk itu saya mohon dukungan semua pengurus dan terima kasih buat semua yang hadir dalam pelantikan PPTSB Cabang Dairi. Berjanji akan mengembangkan organisasi Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB) Kabupaten Dairi  Masa Bakti 2023- 2027 sebagai organisasi marga yang modern dan berdampak positif bagi seluruh anggota dan masyarakat .

Sementara sambutan Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga, Marga Sinaga di Dairi harus bersatu dan saling menghargai dan menghormati, Pomparan Marga Sinaga harus patuh kepada pimpinan. Serta mari kita dukung Mangihut sebagai anggota DPR RI dari Dapil III. Selamat kepada pengurus yang baru dilantik.

Mangihut Sinaga mantan ketua PPTSB Se Indonesia dan calon DPR RI , dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada panitia dan carateker yang telah berhasil dalam melaksanakan kegiatan ini. Pelantikan pengurus baru agar organisasi itu sehat dan bisa menunjukan jati diri. “Tahun 2001 PTTSB kompak di Dairi, namun sekarang sudah mulai berkurang kekompakannya, padahal populasi marga Sinaga di Dairi cukup besar, jangan kita marga Sinaga mau diadu domba karena politik, saya disini tidak berkampanye, jadi terserah marga Sinaga untuk kemajuan marga Sinaga di Dairi,”papar Mangihut. Kepada Ketua terpilih semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan memajukan organisasi agar semakin maju dan kompak.

Ketua Umum Edison Sinaga memaparkan bahwa tahun 2024 PPTSB Dairi melaksanakan Mubes di Dairi, dan dalam tahun politik ini ada 8 calon DPR RI dari marga Sinaga, minimal harus duduk 3 orang. Untuk kawasan danau Toba minimal 3 calon bupati dari PPTSB yang harus dimenangkan.

Lanjut sambutan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, memaparkan dasar silsilah marga dari turun temurun, bahwa Sinaga dan Berutu adalah kakak beradik, dalam marga kita mardongan tubuh adalah pondasi yang sangat penting. Apalagi kita sudah masuk di era modern, yang sangat membuat perubahan di dalam kehidupan, untuk itu kita perlu memegang nilai-nilai tradisional, karena sebagian besar kita suku Batak tetap emegang teguh dalihan natolu. Tugas kita di PPTSB tetap menjaga, melestarikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai yang telah diajarkan para orang tua kita dalam berkehidupan di masyarakat.

“Saya pahami nilai-nilai yang kita pakai dan lestarikan, yang pertama adalah gotong royong, mementingkan kerjasama, saling membantu dalam kehidupan sehari-hari nampak sekali dalam acara adat sehingga terlaksana dengan baik. Kedua hormat dengan sesama orang lain, khususnya orang tua kita, pemimpin-pemimpin kita dan tokoh-tokoh adat. Sebagai suku Batak kita tidak takut di manapun berada. Kita tetap mempraktekan adat istiadat kita. Perkumpulan PPTSB ini sangat kuat dan diakui marga-marga lain”,ucapnya.

Sebagai ungkapan terimah kasih  semua pomparan sinaga yang turut hadir dalam acara mendapat sal terbuat dari ulos, dengan logo tuguh Toga Sinaga. Setelah selesai acara dan dilanjut dengan makan bersama dan acara hiburan yang diisi oleh artis lokal Srikandi Trio dan Ciesta Voice Trio Ajari dengan personil Jontinus Sinaga, Arvindo Simatupang, dan Juslina Simamora, hingga acara selesai.

Share:
Copyright @2022 - PPTSB SUMUT I