Pembukaan MUBES XV PPTSB 2022 oleh Ketua Dewan Penasehat Manaek Sinaga
14 Oktober 2022 Dilihat: 3295x

Medan, Mediautama.news – Ketua Dewan Penasehat PPTSB Manaek Sinaga membuka secara resmi Musyawarah Besar (Mubes) XV Parsadaan Pomparan Toga Sinaga & Boru (PPTSB), di Convention Hall Hotel Danau Toba International, Medan, Jumat (14/10/2022).

Kegiatan ditandai dengan pemukulan gong oleh, Manaek Sinaga didampingi Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga.

Mangihut Sinaga usai acara pembukaan mengatakan, agenda Mubes adalah melakukan pergantian kepengurusan. Sekali empat tahun pengurus harus berganti sesuai AD/ART PPTSB.

 

Dia berharap, apa yang sudah dilakukan sejak Mubes I, terutama Mubes XII hingga XIV, PPTSB dapat terus berkembang.

Jika dulunya PPTSB hanya mengurusi soal adat, sekarang sudah berkembang mengurus hal-hal sosial yang lain. Ada hal-hal yang menarik dikembangkan untuk membawa kesegaran bagi seluruh anggota PPTSB agar saling mengasihi, saling tolong menolong, dan membantu yang lemah.

“Hal itu sudah terwujud sekarang, dan sudah berjalan. Harus ditingkatkan. Banyak lagi yang akan dilakukan demi mensejahterakan pomparan Toga Sinaga karena itu adalah visi dan misi yang sudah dicanangkan. Itulah cita-cita kami,” ujar Ketua Umum PPTSB tiga periode itu.

Sementara , Ketua Oganizing Committee Mubes XV PPTSB Henron Sinaga menjelaskan, mubes dihadiri 18 pengurus wilayah dan 137 pengurus cabang PPTSB se-Indonesia. Total peserta sebanyak 430 orang. Henron berharap Mubes bisa berlangsung dengan baik.

Sekjen PPTSB Eduard Sinaga menambahkan, mubes adalah wadah tertinggi di PPTSB. Mubes XV ini merupakan kelanjutan mubes sebelumnya. Agenda mubes untuk melakukan evaluasi kinerja pengurus periode sebelumnya, selanjutnya memilih pengurus baru.

Melalui Mubes ini, penasehat, wilayah hingga cabang berharap agar pengurus terpilih melanjutkan program-program pengurus sebelumnya serta menetapkan program-program terbaik untuk warga PPTSB.

Program prioritas PPTSB adalah bergerak di bidang sosial dan budaya. Program sosial, yakni pemberian bantuan untuk warga PPTSB yang kurang mampu. Sedangkan program kebudayaan, yakni pengembangan dan pelestarian seni dan budaya Batak, pungkas Eduard Sinaga.

Mubes XV PPTSB diselenggarakan di Hotel Danau Toba International, Medan, selama empat hari, 13-16 Oktober 2022. (Md 1)

Share:
Copyright @2022 - PPTSB SUMUT I